Sabtu, 23 April 2011

Ketidakpastian Hidup


Tugas IBD 10




Syahsoza puji
16110776
1ka24


Ketidakpastian Hidup

            Ketidakpastian berasal dari kata tidak pasti yang bisa di artikan keadaan yang tidak menentu. Tentu kita pernah mengalai keidakpastian dalam hidup kita, misalnya saja ketidakpastian masa dpan kita, kita tidak mungkin tahu tentang apa yang akan terjadi di masa depan dan juga bagaimana kita di masa depan nanti. Sebenarnya rasa ketidakpastian timbul akibat pikiran yang tidak dapat konsentrasi yang menimbulkan pikiran yang kacau.

Contoh khasus ketidakpastian :

            Semua orang pasti ingin mempunyai ekonomian yang baik, kadang rasa ketidakpastian akan timbul disaat ekonomi sulit, mereka akan berfikir jika ekonomi sulit akan susah mendapatkan seseatu, seperti pendidikan, pekerjaan atau bahkan tempat tinggal yang layak. Padahal jika dipikir, disaat ekonomi baik pun, tak ada jaminan hidup kita pasti aman. Kita juga bisa kehilangan pekerjaan ketika ekonomi baik. Atau cerai atau putus hubungan atau mengalami kecelakaan karena dalam hidup tak ada jaminan.

 Saya akan sedikit membahas langkah-langkah menghadapi ketidakpastian hidup:

            Kita sebagai umat muslim pasti tau apa itu takdir, takdir ialah ketentuan AllahSWT,  semua yang ada di alam semesta ini sudah mempunyai takdirnya masing masing. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berdoa yang menentukan hanyallah Allah SWT. Tidak ada orang pun yang tau tentang takdirnya, jadi kita tidak bisa memastikan bagai mana hidup kita di masa mendatang. Sebaiknya setiap kali kita melakukan sesuatu kita harus memikirkan yang terbaik dan terburuknya dari suatu tindakan.

Contoh khasus:
            Ketika kita sedang menjalani ujian tentu kita pasti tau resiko terbaiknya kita lulus dan resiko terburuknya kita gagal. Tentu pasti tidak ada yang ingin gagal dalam ujian, karena itu kita akan memecu diri kita agar belajar lebih giat supaya tidak gagal dalam ujian, selain itu kita juga harus siap menerima resiko terburuknya menyiapkan mental untuk kegagalan “bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya”.

            Selain itu untuk menghadap ketidakpasian juga bisa dgan cara melakukan langkah-langkah kecil karena dengan melakukan langkah-langkah kecil yang aktif menuju tujuan, kita membuat tujuan berkemungkinan lebih besar tercapai dengan memberi diri kita peluang untuk mendapat kepastian dari tujuan.

            Evaluasi hidup juga dapat membuat kita bisa mengatasi ketidakpastian, kita dapat pelajaran dari kejadian kejadian masalalu , memetik hikmah, tidak mengulangi kesalahan dan menjadi pelajaran yang berarti.

            Semua cara ini hayalah sebuah saran dari saya semoga anda lebih bisa melangkah pasti dalam menjalankan hidup ini. Hasil akhirnya kita serahkan pada sang pencipta.

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf karena comment yang masuk tidak dapat langsung ditampilkan, karena harus melalui comment moderation terlebih dahulu oleh saya, comment yang layak untuk ditampilkan akan saya tampilkan.. terima kasih..