Minggu, 17 April 2011

Tanggungjawab dan Peran Perempuan Dalam Islam


Tugas IBD 9



Syahsoza puji
16110776
1ka24


Tanggungjawab dan Peran Perempuan Dalam Islam

                Tanggung jawab dapat diartikan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tangung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya, dengan kata lain tanggung jawab akan timbul dari diri sndiri.

            Ketika kita memenuhi kewajiban berarti kita telah bertanggung jawab atas kewajiban kita. Sama halnya seperti kita menjalankan peran kita sebagai muslim berarti kita lelah bertanggung jawab atas peran kita dalam islam, Jadi sikap tanggung jawab akan timbul jika kita tahu peran sebagai muslim itu sndiri.

            Manusia di dunia ini hanya ada dua jenis yaitu laki-laki dan wanita, dan Peran seorang muslim laki-laki dan wanita sangatlah berbeda. Saya akan lebih membahas tentang peran dan tanggung jawab wanita .

WANITA
1. Wanita auratnya lebih susah dijaga dibanding lelaki.
2. Wanita perlu meminta izin dari suaminya apabila mau keluar rumah tetapi tidak sebaliknya.
3. Wanita kesaksianya kurang dibanding lelaki.
4. Wanita menerima pusaka kurang dari lelaki.
5. Wanita perlu menghadapi kesusahan mengandung dan melahirkan anak.
6. Wanita wajib taat kepada suaminya.
7. Talak terletak di tangan suami dan bukan isteri.
8. Wanita kurang dalam beribadat karena masalah haid dan nifas yang tak ada pada lelaki.

            Seperti yang di jelaskan di atas. Kewajiban Wanita harus taat kepada suaminya sedangkan seorang laki-laki wajib taat kepada ibunya 3x lebih utama dari bapaknya, karena Sesungguhnya surga ada di telapak kaki ibu. Dalam agama islam seorang Wanita wajib menjaga auratnya, auratnya di tunjikan hanya untuk suaminya. Tetapi kebanyakan wnita auratnya lebih susah dijaga dibanding lelaki. Sesungguhnya telah di jelaskan dalam Al-Quran betapa pentingnya peran wanita baik sebagai ibu, istri, saudara wanita, dan juga sebagai anak. Dalam sesebuah rumah tangga, peranan utama seseorang wanita yaitu sebagai isteri dan ibu. Sebagai seorang istri berkewajiban untuk sentiasa melayani dan mendampingi suaminya dalam keadaan susah atau senang.

            Yang dapat membedakan wanita dengan laki-laki yaitu Wanita diberi kesempatan untuk mengandung dan melahirkan dan apabila seorang wanita meninggal pada saat melahirkan adalah mati syahid, dosa-dosanya akan diampuni Allah di akhirat kelak , Sunggu besar tanggung jawab seorang wanita. Tugas sebagai seorang ibu menjadikan seorang wanita menepati kedudukan mulia dimata Allah SWT, disinilah Allah member anugrah sekaligus cobaan kepada para wanita untuk turut mengemban tanggung jawab dalam mendidik anak-anaknya agar menjagi generasi yang unggul. Karena itulah kewajiban kita untuk menyayangi dan berterimakasih kedapa ibu.

            Tanggung jawab itu bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab.

Allh SWT berfirman: yang artinya: “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka menyembahKu.” (QS. Adz-Dzaariyat: 56).

            Ayat di atas jelas menunjukkan bahawa dalam islam peranan atau tanggungjawab utamanya yaitu mengabdikan diri kepada Allah SWT. Mengabdikan diri dengan cara menaati perintahnya dan menjauhi larangannya. Kekuatan iman yang kuat menjadi modal utama bagi seorang wanita agar dapat menjalankan peranannya sebagai seorang hamba Allah, istri bagi suami dan Ibu bagi anak-anaknya.

            Sesungguhnya peran dan tanggung jawab seorang wanita tidaklah mudah. Bersyukurlah kita dilahirkan sebagai wanita. Karena peran wanita sebagai istri dan ibu menepati tempat yang mulia disisi Allah, maka sayangilah ibu yang telah melahirkan dan merawat kita, perjuangan mereka tidaklah mudah dan jadilah wanita yang bertanggung jawab sesuai syariat islam.

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf karena comment yang masuk tidak dapat langsung ditampilkan, karena harus melalui comment moderation terlebih dahulu oleh saya, comment yang layak untuk ditampilkan akan saya tampilkan.. terima kasih..