Sabtu, 09 April 2011

RUBAH CARA PANDANG HIDUP


Tugas IBD 8




Syahsoza puji
16110776
1ka24


RUBAH CARA PANDANG HIDUP

            Cara pandang menjadi salah satu faktor yang menentukan kehidupan, karir, kesuksesan ataupun kegagalan seseorang. Cara pandang seseorang terhadap hidup mencakup cara pandang terhadap diri sendiri, pekerjaan, persoalan, dan terhadap apa saja yang ada di dalam hidup ini.


            Cara pandang kita adalah penentu dari keputusan, pilihan atau sikap yang kita ambil dalam suatu permasalahan. Pandangan Hidup itu sendiri artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pandangan, pedoman, arahan, dan petunjuk hidup di dunia ini. Dalam hidup kita akan selalu menghadapi pilihan. Bisa memilih pandangan yang pesimis dan hidup dalam kesendirian atau bisa mengambil pandangan hidup yang optimis untuk tantangan dalam mengisi hidup ini.

            Cara pandang hidup seseorang tentu berbeda beda, tergantung dalam pemikirannya masing masing. Kita bisa amati dalam kehidupan kita sehari-hari, didalam hidup ini pasti semua orang pernah mendapat masalah, tetapi apakah cara seseorang dalam menyelesaikan masalah itu sama?? Tentu berbeda, karena setiap orang mempunyai cara berfikir yang berbeda begitu juga dengan pandangan hidup yang berbeda.
Contoh kasus:


            Robert T. Kiyosaki pernah mengatakan bahwa “ yang membedakan antara orang kaya dan orang miskin adalah cara pandangnya melihat sesuatu.” Walaupun keduanya saat itu masih sama-sama miskin. Sebagai contoh kalimat orang-orang yang berpikir miskin adalah “ saya sulit melakukan hal ini, namun kalimat orang yang berpikir kaya “ saya akan terus melakukannya sampai saya akan mendapatkannya.”


            Seseorang yang berfikir miskin itu mempunyai sifat pesimis dalam menjalani hidupnya, belum berusaha tetapi sudah menyerah, mempunyai cara pandang hidup yang sempit, sedangkan orang yang berfikir kaya mempunyai pandangan optimisme dalam hidupnya, si kaya akan terus berusaha sampai impiannya tercapai. Ketika kita tidak  mampu mengubah kenyataan yang ada pada diri kita mengapa bukan kita yang mencoba mengubah sudut pandang kita? Cara pandang inilah yang memang kita harus merubahnya apabila kita ingin sukses. Begitu banyak orang sukses melihat semua masalah adalah peluang, melihat kendala adalah jalan yang baik dan melihat kelemahan adalah kelebihan.


Contoh orang sukses yang melihat semua masalah sebagai peluang:

“ pada suatu ketika disebuah rumah, berkumpulah sebuah keluarga yang sedang asyik menonton televisi dan sebagian lagi sibuk dengan aktifitasnya masing-masing, dan tiba-tiba lampu dari PLN mati, semua orang teriak “ lampu mati!!, lampu mati!!!!, lampu mati!!! Bahkan tidak ada satu orangpun yang berinisiatif untuk mencari lilin dan menghidupkannya sehingga rumah yang gelap menjadi terang untuk sementara menunggu listrik dari PLN hidup kembali.”

jaganlah melihat masalahnya saja tetapi berfikirlah bagaimana mengatasi masalahnya. Orang hebat adalah orang yang tidak pernah mencerca keadaan. Pada masalah diatas ada orang sukses yang melihat masalah sebagai peluang, maka berdirilah sebuah pabrik pembuat lilin yang dapat menghidupi ribuan karyawan dan memberi makan ratusan keluarga

            Setiap masalah yang datang penting bagi kita untuk mengambil hal positif dalam masalah tersebut, Janganlah melihat berapa besar masalah yang sekarang kita hadapi, namun ubahlah cara pandang kita dalam melihat masalah tersebut sehingga mendapat manfaat dan keluar dari masalah tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf karena comment yang masuk tidak dapat langsung ditampilkan, karena harus melalui comment moderation terlebih dahulu oleh saya, comment yang layak untuk ditampilkan akan saya tampilkan.. terima kasih..