Minggu, 17 April 2011

Pemimpin Yang Bertanggung Jawab





Pemimpin Yang Bertanggung Jawab

            Islam mengajarkan untuk bisa bertanggung jawab atas segala sesuatu yang kita lakukan. Begitu juga dengan Seorang pemimpin. Pemimpin yang bertanggung jawab ialah mempertanggungjawabkan  segala sesuatu yang ia lakukan. Pemimpin itu bermacam-macam, pemimpin rumahtangga yaitu suami, pemimpin Negara yaitu presiden, pemimpin rakyat yaitu DPR dan masih banyak lagi.

Di bawah ini adalah beberapa pokok pikiran mengenai pemimpin dan tanggung jawab:

·         Pemimpin bertanggung jawab atas semua yang dilihatnya.
·         Pemimpin bertanggung jawab untuk memulai komunikasi secara proaktif.
·         Pemimpin bertanggung jawab untuk memberi contoh yang baik dan menjadi agen perubahan.
·         Pemimpin bertanggung jawab atas kinerja organisasinya.
·         Pemimpin bertanggung jawab agar organisasinya memiliki prioritas dan fokus.

            Kesimpulan di atas bahwa tanggung jawab seorang pemimpin memang sangat besar. Demikian pula pemimpin harus menerapkan standar yang tinggi bagi dirinya karena keputusan-keputusan yang diambil olehnya akan mempengaruhi banyak orang.

            Pemimpin zaman sekarang sudah melenceng dari ketentuan islam, Masalahnya Kurangnya sosok pemimpin yang berakhlak dan berfikir islami. Islam mengajarkan pentingnya pemimpin dalam segala hal karena pemimpin lah yang dapat membentuk dan membimbing orang-orang yang dipimpinnya. Sunah rasulullah SWT menyatakan bahwa setiap orang adalah pemimpin yang bertanggung jawab atas apa yang dipimpinya. Maju atau mundurnya sebuah kelompok tertentu sangat ditentukan oleh pemimpinya oleh karena itu kita harus mengetahui cirri pemimpin yang baik dilihat dari sudut pandang islam.

            Untuk menjadi sosok pemimpin yang berakhlak dan berfikir islami. teladanilah pemimpin terbaik yang pernah ada sepanjang sejarah manusia, yaitu rasulullah Muhamad. Dengan mencontoh semua sifat beliau yaitu:


·         Sidik yang berarti jujur
·         Amanah yang berarti bertanggung jawab
·         Tablik yang berarti menyampaikan
·         Fatonah yang berarti cerdas.

            Seperti sifat rasulullah SWT di atas telah dijelaskan bahwa bertanggung jawab adalah salah satu sifat rasul yang seharusnya di contoh para pemimpin yang ada di dunia ini. Contohlah sifat-sifat rasul agar dapat menjadi pemimpin yang ber akhlak. Semoga kita semua bisa menjadi pemimpin yang baik untuk diri kita, untuk keluarga kita, untuk teman-teman kita, untuk masyarakat untuk bangsa dan agama.


0 komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf karena comment yang masuk tidak dapat langsung ditampilkan, karena harus melalui comment moderation terlebih dahulu oleh saya, comment yang layak untuk ditampilkan akan saya tampilkan.. terima kasih..