Sabtu, 09 April 2011

RUBAH CARA PANDANG TERHADAP KEGAGALAN


Tugas IBD 8



Syahsoza puji
16110776
1ka24


RUBAH CARA PANDANG TERHADAP KEGAGALAN

                Setiap manusia didunia ini pasti pernah mengalami sebuah kegagalan, kecuali mereka yang tidak pernah mencoba. Contohnya, Si A tidak pernah gagal mengemudikan kereta, dia tidak pernah gagal melakukan hal itu karena tidak pernah melakukannya. Apakah jika kita tidak pernah gagal patut untuk di banggakan? Tentu saja tidak, kata “tidak pernah gagal” bukanlah suatu kebanggaan, jika kita tidak pernah mencobanya.

                Ayah saya pernah berkata:” tidak ada salahnya mecoba, kalau salah bukan masalah yang penting kesalahannya jangan di ulagi lagi”. Dari kata-kata tersebut bisa disimpulkan bahwa lebih baik mencoba, jika gagal jangan di ulangi kesalahanya, karena Kegagalan itu bagian dari pengalaman hidup.
Seperti ungkapan :

“Successful people think differently than unsuccessful people”.

                Dari ungkapan tersebut menjelaskan adanya perbedaan antara orang sukses dan yang belum sukses (gagal) adalah dari cara berpikirnya. Orang-orang yang sukses selalu menggunakan kekuatan berpikirnya untuk terus memperbaiki segala hal dari dirinya agar menjadi lebih baik. Kegagalan bukanlah sesuatu yang buruk, kebanyakan orang jika mengalami kegagalan pasti putus asa, terpuruk, dan mempunyai pikiran bahwa dia yang gagal tidak akan sukses, tentu cara pandang yang sepeti itulah yang harus di rubah, justru Kegagalan bukanlah hal yang memalukan, sering kali gagal justru sebagai jaminan bahwa dia akan berhasil kelak, karena orang yang sukses tergantung bagaimana caranya menyikapi suatu kegagalan.

Contoh kegagalan yang berulang kali bisa menjadi kesuksesan:

                Thomas Alfa Edison lebih dari 10 ribu kali mengalami kegagalan dalam membuat bola lampu. Setiap kegagalan yang dia alami selalu dikatakan sebagai keberhasilan. “Paling tidak saya sudah berhasil mengetahui kalau cara ini gagal”. Cara pandang seperti inilah yang membuat Thomas Alfa Edison akhirnya sukses membuat bola lampu yang hingga kini penemuanya sangat berguna untuk kehidupan kita sekarang. Thomas tidak pernah menyerah tiap kali dia gagal, dia akan terus mencoba. “Paling tidak saya sudah berhasil mengetahui kalau cara ini gagal” dalam ungkapan tersebut Thomas menganggap setiap kegagalan adalah keberhasilan. Paling tidak dia berhasil tahu kalau cara yang dia coba tidak berhasil .

                Lebih baik lagi kalau kita menjadikan kegagalan itu sebagai bahan refleksi dan pembelajaran yang dapat menghantarkan kita pada satu tujuan, yaitu suatu keberhasilan atau prestasi. Caranya sebenarnya mudah, yaitu dengan mengubah cara pandang kita terhadap kegagalan itu sendiri. Namun diperlukan kesadaran dan kemauan yang kuat untuk melakukannya.

                kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, ubahlah pandangan hidup terhadap suatu kegagalan dengan cara kita harus bisa memandang kegagalan sebagai sebuah pelajaran untuk mencoba lagi dan mencapai sukses pada saat yang akan datang. Kegagalan adalah kesuksesan dan juga Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, kata-kata tersebut sering sekali kita dengar dan jadikan motifasi hidup untuk sukses .kita harus sadari Kegagalan sangatlah dekat dengan keberhasilan. Maka dari itu teruslah berusaha mencapai sukses sekalipun kita mengalami kegagalan.

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf karena comment yang masuk tidak dapat langsung ditampilkan, karena harus melalui comment moderation terlebih dahulu oleh saya, comment yang layak untuk ditampilkan akan saya tampilkan.. terima kasih..