Minggu, 01 Mei 2011

Harapan Awal Dari Keberhasilan




Tugas IBD 11


Syahsoza puji
16110776
1ka24


Harapan Awal Dari Keberhasilan

            Setiap orang di dunia ini pasti mempunyai harapan yang berbeda-beda. Mungkin umumnya manusia mengharapkan menjadi sukse agar dapat melangsungkan hidupnya karena manusia membutuhkan sandang, pangan dan papan (tempat tinggal). Apakah dengan cara berharap saja dapat terwujud?? Tidak mungkin. Harapan harus disertai dengan usaha yang sesuai dengan impian atau harapan seseorang. Semakain susah mengapai harapan semakin besar usaha yang harus dijalankan.

            Banyak kisah tentang orang sukses yang diawali dengan sebuah harapan dan keyakinan tentu diiringi dengan usaha yang sepadan, tapi ada juga kisah tentang orang yang belum mencapai harapannya, dalam proses untuk mencapai harapannya tersebut. Ketika segala sesuatu yang telah kita rencanakan dengan baik, terjadual dan hampir sempurna pada waktunya tidak bisa terwujud pasti merasa sangat kecewa.

Contoh kisah harapan yang terwujud.

            Ada seorang ibu yang berkata kepada anaknya, ibu ingin sekali naik haji dengan ayahnya. Secara tidaklangsung harapan ibunya juga menjadi harapan sang anak, si anak berharap suatu saat nati ingin sekali melihat orangtuanya ketanahsuci, maka dari itu si anak bekerja keras hanya untuk orangtuanya, ibu itu selalu berdoa, memohon untuk dapat naik haji begitu juga dengan anaknya. Karna kebaikan ibu dan ayah tersebut yang telah menaikan haji orangtuanya dan orangtua suaminya. Dan selalu berbuat kebaikan dan memohon tiap selesai sholat. Akhirnya ibu dan ayah tersebut dapat naik haji melalui perantara anaknya yang berusaha keras untuk menaikan haji orangtuanya. Dari kisah ini kita mendapat pelajaran tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha mengapai harapan tersebut.

            Ada juga contoh kisah tentang harapan yang belum terwujud, saya mengambil contoh dari diri saya sndri, saya sangat berharap masuk universitas negeri setelah lulus SMA, harapan tersebut juga benjadi harapan orangtua ku, saya belajar giat agar harapan saya tercapai, namun mungkin Allah berkata lain, saya gagal dan mengecewakan banyak pihak, mungkin usaha yang saya lakukan kurang, tapi kini saya baru sadar inilah jalannya, di unuversitas swasta tidak terlalu mengecewakan. Di saat itu saya berfikir kondisi saat dimana kita belom mendapatkan hasil dari kerjakeras kita untuk mencapai harapan maka berfikirlah positif, ambilah pelajaran dari setiap kegagalan dalam usaha yang kita kerjakan, jangan mudah meyerah, janga ulangi kesalahhan yang kita lakukan dan pasrahkan kepada takdir setelah kita berdoa dan berusaha, karena Allah tahu yang terbaik untuk umatnya.

            Tentu ketika kita mengharapkan sesuatu kita mengukur kemampuan diri kita sndri, apakah sanggup atau tidak. Harapan yang terlalu tinggi akan menjadi mimpi kosong yang tidak akan pernah terjadi.

            Perlu diingat Dalam sebuah hadist, Rasulullah saw. bersabda, Allah swt. berfirman, “Aku tergantung kepada prasangka hamba-Ku kepada-Ku”. (H.R. Bukhari, Muslim dan Ahmad). Dapat diartikan  “Anda bukanlah apa yang Anda pikir tentang siapa diri Anda, tetapi apa yang Anda pikirkan, itulah Anda”. Jadi berfikirlah positif, berprasangka baik dan optimis dalam menjalankan hidup ini.

            Harapan  merupakan awal mula terbentuknya keberhasilan. Tanpa keyakinan keberhasilan akan mustahil untuk diwujudkan. Umat islam diajarkan untuk selalu yakin dengan usaha mereka,walaupun kadang di tengah jalan masih menemui kendala,tapi dengan keyakinan yang kuat, keberhasilan niscaya akan ada di genggaman. Amiiin.

0 komentar:

Poskan Komentar

Mohon maaf karena comment yang masuk tidak dapat langsung ditampilkan, karena harus melalui comment moderation terlebih dahulu oleh saya, comment yang layak untuk ditampilkan akan saya tampilkan.. terima kasih..