Sabtu, 12 Maret 2011

Manusia Cinta dan Kasih: cinta menurut pandangan islam.

Nama : Syahsoza Puji
Kelas : 1KA 24
NPM : 16110776

Pokok Bahasan : Manusia dan Cinta kasih
Dosen : Ibu Putri Fettisia

Manusia dan cinta kasih, dalam artian luas yang dinamakan cinta adalah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain.

Cinta itu ada bermacam-macam jenisnya,
Dalam hal ini akan dibahas sedikit mengenai cinta menurut pandangan islam.
Agama islam adalah agama yang fitrah, tentunya islam mengakui tentang hal ini.
Cinta dalam islam menurut tingkatan yang paling rendah adalah cinta kepada harta, lalu tingkatan menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, keluarga, pasangan, saudara, dan kemudian tingkatan cinta yang paling tinggi menurut pandangan agama islam adalah cinta kepada Allah, dan rasulNya.

Cinta kepada sesama manusia erat kaitannya dengan hubungan antar sesama manusia, kita juga diwajibkan untuk melakukan hubungan yang baik antar sesama manusia karena telah tertulis dalam ayat Al-Quran bahwa barang siapa yang memutuskan tali silaturahmi antar umat manusia maka neraka lah tempatnya, begitulah yang disampaikan oleh Allah SWT, oleh karena itu islam mengajak kepada umatnya untuk saling mencintai dan mengasihi sesama umatnya dengan cara saling menghormati, saling menghargai, saling berbagi rasa dan yang lainnya.

Kemudian cinta kepada Rasul, adalah sebuah prinsip dan kewajiban dalam agama islam, bukan merupakan pilihan yang harus dipilih.
Saat Allah memerintahkan kita untuk mencintai Nabi Muhammad SAW, maka instruksi tersebut bukanlah tanpa tujuan, karena Allah SWT maha kaya dari butuh sesuatu.
Jika kita mencintai Nabi kita Muhammad SAW, maka insyaallah kita kelak akan bersama para nabi, syuhada, dan orang-orang saleh.

Yang terakhir dan juga yang paling utama adalah cinta kepada Allah SWT.
Dalam ayat Al-Quran ditulis “jika kalian cinta kepada Allah maka ikutilah aku, maka niscaya Allah akan mencintai kalian”.
Tentunya dalam hal diatas bermakna jika kita mengikuti semua tuntunan yang diajarkan oleh Nabi kita Muhammad SAW, maka kita akan mendapatkan cintanya Allah SWT dan kelak akan mendapatkan tempat yang di idam idamkan seluruh umat muslim yaitu surga.

Begitu indahnya pandangan cinta menurut agama islam, karena sesungguhnya hidup ini indah apabila semua manusia berbagi cinta dan kasih sayang.

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf karena comment yang masuk tidak dapat langsung ditampilkan, karena harus melalui comment moderation terlebih dahulu oleh saya, comment yang layak untuk ditampilkan akan saya tampilkan.. terima kasih..