Minggu, 20 Maret 2011

keindahan seni patung



Tugas IBD 5



Syahsoza puji
16110776
1ka24


Keindahan Seni Patung

           Sama seperti keindahan seni lukis Keindahan merupakan suatu rasa senang seorang yang sedang melihat suatu yang indah. Seni patung adalah salah satu cabang dari karya seni. Karya seni untuk dinikmati. Seni itu indah. Bedanya karya seni lukis dan seni patung adalah, seni patung : cabang seni rupa yang hasil karyanya berwujud, sedangkan seni lukis 2 dimensi. Biasanya seni patung di buat dengan cara memahat, modeling (misalnya dengan bahan tanah liat) atau kasting (dengan cetakan).

           Seni patung di tiap Negara mempunyai fungsi yang berbeda-beda, seni patung di Indonesia adalah seni yang diciptaan dengan funsinya sendiri - sendiri. contohnya di Bali patung digunakan untuk bersembahyang berbebeda dengan daerah lain.



            Menyembah patung dapat diartikan menyembah berhala. Sebenarnya menurut faham agama yahudi, Kristen dan islam dilarang untuk menyembah berhala. Namun kenyataannya orang yahudi menyembah tembok barat yerusalem,orang kristen menyembah salib/ maria/ patung yesus dan para santo dan orang islam menyembah kabah dan batu. Padahal sudah jelas di larang menyembah patung dalam kitab masing-masing agama tersebut.


            

Fungsi lain patung yaitu bisa sebagai pajangan, cirri khas tempat seperti patung selamat datang, persembahan dan lain lain. Awalnya seniman patung membuat patung untuk dinikmati keindahannya oleh orang yang melihatnya tapi sekarang malah melenceng untuk hal-hal yang lain.

seniman yang baik adalah seniman yang dapat memunculkan keindahan dalam karya seninya. Maka dari itu nikmatilah hasil karya seni dengan jiwa agar keluar keindahannya yang ada dalam karya tersebut.



0 komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf karena comment yang masuk tidak dapat langsung ditampilkan, karena harus melalui comment moderation terlebih dahulu oleh saya, comment yang layak untuk ditampilkan akan saya tampilkan.. terima kasih..