Kamis, 21 Oktober 2010


DISKUSIKAN!!!!
1) Sebutkan komponen system computer? Gambarkan dan ceritakan skema system computer!

Komponen system computer elemen-elemen atau komponen yang saling berhubungan satu sama lain untuk melaksanakan satu tujuan bersama. Terdiri dari:
- Software : program yang digunakan untuk mengolah data yang berisi instruksi tersusun.
- Hardware : peralatan computer yang secara fisik dan terjamah.
- Brainware : manusia yang terlibat di dalam mengoperasikannya (user)

skema sistem komputer:


informasi masuk ke port-port masukan/keluaran kemudian dilanjutkan ke pemrosesan yang mengendalikan operasi computer dan melanjutkan fungsi pemrosesan data mendekode instruksi menjadi aksi sederhana dan melakukan operasi-operasi (aritmatika,logika,pengendalian) dilanjutkan ke memory utama yang membaca intruksi. Bus menghubungkan pemroses memory utama dan perangkat masukan serta keluaran. Setelah sampai di memory utama keluar melewati kembali port=port masukan / keluaran. 
 



2) Sebutkan apa yang dimaksud dengan data, informasi , atau system informasi! Sebutkan komponen SI dan kenapa perlu SI di :
- Perusahaan
- Universitas
- Lab. Kedokteran
- Departemen pertahanan

a) Data adalah kumpulan kejadian yang nyata dan real tetapi tidak mengandung arti atau belum dapat dipahami.
b) Informasi adalah data yang sudah diolah dan berguna bagi puhak yang membutuhkannya.

Komponen Sistem Infrmasi:
a) Inout yang meruoakan masukkan;
b) Model yang merupakan kombinasi produk, logika, dan model matematik yang memproses data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah ditentukanuntuk menghasilkan keluaran yang diinginkan;
c) Output adalah keluaran;
d) Teknologi adalah alat dari system informasi yang digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dn mengirim output serta mengendalikan system;
e) Basis data adalah kumpulan data saling terkait tersimpan dalam computer dengan menggunakn software database;
f) Kontrol adalah pengendalian yang dirancang untuk menanggulangi gangguan terhadap Sistem Informasi.
g) Di bidang perusahaan untuk management dan pengolahan data
h) Di universitas untuk mengolah data mahasiswa dan bentuk perkuliahan lain serta data lainnya
i) Pada lab kedokteran untuk menganalisis komposisi zat oada obat dll
j) Pada departemen pertahanan untuk system radar dan pengolahan data khusus untuk keamanan.

3) Sebutkan device yang ada pada alat pemrosesan dan ceritakan apa peranan device tersebut dalam pengertian system computer!
Komponen-komponen Process Device adalah :


1. CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu : ALU (Rithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer. CPU merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi program yang pada komputer mikro disebut dengan Micro Processor (prosess mikro). Proses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC.
2. Processor
Adalah salah satu bagian yang terpenting didalam komputer, karena processor inilah yang menentukan jenis suatu komputer. Semakin tinggi jenis processor komputer maka semakin baik pula komputer tersebut. Komponen kecil ini adalah inti dari sebuah komputer. Dalam komponen inilah seluruh perhitungan matematis yang amat rumit dilakukan. Singkat kata, kecepatan, kehandalan dan kompabilitas PC ditentukan oleh Processornya.
Processor dapat dibedakan dari perbedaan jumlah data bus-nya. Misalkan ada processor 8 bit, itu berarti processor tersebut memiliki 8 data bus.
3. Memori
RAM
Merupakan singkatan dari Read Access Memory yang dapat diisi dengan program dan data selama aliran listrik masih hidup. Bila aliran listrik padam maka terhapus pula seluruh isinya.. tersebut dipindahkan ke output storage.
ROM
ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory. Dari namanya, ROM hanya dapat dibaca sehingga pemograman tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. ROM sudah di isi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer, seperti program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan. Proses mengaktifkan komputer pertama kali ini disebut dengan booting, yang dapat berupa cold booting atau warm booting.
• Cold booting merupakan proses mengaktifkan sistem komputer pertama kali untuk mengambil program bootstrap dari keadaan listrik komputer mati (off) menjadi hidup (on).
• Warm booting merupakan proses pengulangan pengambilan program bootstrap pada saat komputer masih hidup dengan cara menekan tiga tombol tombol pada papan ketik sekaligus, yaitu Ctrl, Alt, dan Del. Proses ini biasanya dilakukan pada saat komputer sedang mengalami kemacetan (hang).
4. Motherboard
Motherboard atau “papan ibu” dan biasa juga disebut dengan “Mainboard” adalah komponen terbesar yang terdapat dalam sebuah Process Device. Fungsi motherboard secara keseluruhan adalah tempat utama untuk memasang peripheral lain, seperti Processor, Memori, VGA Card, dan lain-lain.

4) Apa yang dimaksud dengan masyarakat Informasi?
Masyarakat informasi adalah sebuah istlah yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah masyarakat dan sebuah ekonomi yang dapat membuat kemungkinan terbaik dalam menggunakan informasi dan komunikasi.

5) Bagaimana menurut Anda perkembangan ICT sekarang ini?
ICT saat ini sangat maju karena adanya zaman globalisasi dan modernisasi, seperti:
a) ATM : penarikan tunai dan pelayanan perbankan yan lainnya;
b) Telepon genggam
c) Teletext television
d) Faxes
e) Pelayanan informasi ( internet, e-mail, mailinglist)
f) Virtual community

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf karena comment yang masuk tidak dapat langsung ditampilkan, karena harus melalui comment moderation terlebih dahulu oleh saya, comment yang layak untuk ditampilkan akan saya tampilkan.. terima kasih..