Sabtu, 16 Oktober 2010

Tugas ISD BAB4


Tugas ISD BAB 4

INTERNALISASI DAN SOSIALISASI

1.             Internalisasi= Proses panjang sejak seorang individu dilahirkan, sampai ia meninggal, di mana ia belajar menanamkan dalam kepribadiannya segala perasaan, hasrat, nafsu, serta emosi yang diperlukannya sepanjang hidupnya.
Proses internalisasi merupakan prose belajar dari diri sendiri sedangkan proses sosialisai adalah proses belajar dari orang lain, dan antara keduanya sama sama dipelajari dari awal saat ia dilahirkan hingga ia hampir meninggal.
2.               Proses sosialisasi banyak ditentukan oleh susunan kebudayaan dan lingkungan sosial yang bersangkutan. Berbeda dengan inkulturasi yang mementingkan nilai-nilai dan norma-norma kebudayaan dalam jiwa individu, sosialisasi dititik beratkan pada soal individu dalam kelompok melalui pendidikan dan perkembangannya. Oleh karena itu proses sosialisasi melahirkan kedirian dan kepribadian seseorang. Kedirian (self) sebagai suatu prosuk sosialisasi, merupakan kesadaran terhadap diri sendri dan memandang adanya pribadi orang lain di luar dirinya. Kesadaran terhadap diri sendiri membuat timbulnya sebutan “aku” atau “saya” sebagai kedirian subyektif yang sulit dipelajari. Asal mula timbulnya kedirian :
1.             Dalam proses sosialisasi mendapat bayangan dirinya, yaitu setelah memperhatikan cara orang lain memandang dan memperlakukan dirinya. Misalnya ia tidak disukai, tidak dihargai, tidak dipercaya; atau sebaliknya, ida disayangi, baik budi dandapt dipercaya
2.             Dalam proses sosialisasi juga membentuk kedirian yang ideal. Orang bersangkutan mengetahui dengan pasti apa-apa yang harus ia lakukan agar memperoleh penghargaan dari orang lain. Bentuk-bentuk kedirian ini berguna dalam meningkatkan ketaatan anak terhadap norma-norma social.
Contoh sosialisasi; beberapa waktu yang lalu disalah satu tv swasta ada seorang anak kecil yang kira kira baru berumur 5 tahun, dan ia telah merokok, minum minuman keras, dan sering berkata kotor, penyebabnya adalah proses sosialisasi di lingkungannya, anak kecil itu belajar dari orang orang dewasa di sekitarnya.
Hubungan antara kedua proses itu adalah manusia sama sama belajar baik dari proses internalisasi dan proses sosialisasi, dan hasilnya mereka akan menerapkannya dalam kehidupannya.
Proses internalisasi, misalnya seoarang bayi diawal ia dilahirkan hanya memiliki perasaan puas dan tidak puas, ketika ia puas ia akan diam atau tertawa, ketika dia tidak puas ia akan menangis, kemudian bayi itu mempelajari berbagai macam hasrat, nafsu, perasaan , serta emosi yang diperliukan sepanjang hidupnya,kemudian saat menjelang dewasa ia mulai memiliki hasrat ingin mencapai kedudukan atau derajat tertentu, dan ia mempelajari bagaimana ia mendapatkan rasa cinta. Hubungannya adalah tanpa proses internalisasi kebudayaan tak akan berkembang bahkan tak ada. Karena kebudayaan sebagai hasil dari budi dan daya, cipta  dan karsa itu juga dihasilkan dalam proses internalisasi, misalanya; Perasaan Cinta telah banyak melahirkan karya karya seni seperti lagu, dan puisi.


Studi kasus:
beberapa waktu yang lalu, kita sempat dihebohkan dengan banyaknya kejadian ledakan tabung gas, hal itu disebabkan ketidak tahuan para masyarakat mengenai hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam kegiatan menggunakan tabung gas tersebut,hal itu diakibatkan oleh kurangnya sosialisasi yang dilakukan pihak yang terkait dalam hal ini PT. Pertamina kepada para pengguna tabung gas elpiji.
Opini: Perbedaan antara proses internalisasi dan sosialisasi memang cukup terlihat karena proses internalisasi merupakan suatu proses yang datang dari sifat keturunan dan juga kepribadian seseorang itu sendiri.
Pada studi kasus diatas, permasalahan terletak pada kurangnya proses sosialisasi yang dilakukan oleh pihak yang berwenang, jika proses sosialisasi tersebut berjalan dengan baik, maka dapat meminimalisir dampak yang diakibatkan karena kurangnya proses sosialisasi tersebut.
Sumber:
http://blog.binadarma.ac.id
http://widyo.staff.gunadarma.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf karena comment yang masuk tidak dapat langsung ditampilkan, karena harus melalui comment moderation terlebih dahulu oleh saya, comment yang layak untuk ditampilkan akan saya tampilkan.. terima kasih..