Senin, 05 Maret 2012

Tugas 1 Teori Organisasi Umum 2

Tugas 1 Teori Organisasi Umum 2

Syahsoza Puji
16110776
2ka24


Teori Organisasi Umum 2
Mata kuliah Soft skill

Materi Kuliah :

1.      Sebutkan dan jelaskan macam-macam Sistem Ekonomi !
2.      Apa yang dimaksud dengan permintaan dan penawaran ?
3.      Apa yang anda ketahui dengan Hukum permintaan dan penawaran serta faktor-faktor yang mempengaruhinya ?

PENJABARAN:

1.       SISTEM EKONOMI

            Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Selain faktor produksi, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi. Pada perekonomian pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan.

          Sistem ekonomi dapat dibedakan menjadi 4 macam, yaitu :

·         Sistem Ekonomi Tradisional
·         Sistem Ekonomi Pasar (Liberal/Bebas)
·         Sistem Ekonomi Komando (Terpusat)
·         Sistem Ekonomi Campuran

Sistem Ekonomi Tradisional

            Suatu sistem ekonomi yang masih menggunakan faktor-faktor produksi dengan  pola tradisional atau adat kebiasaan yang tergantung pada factor alam. Motivasi  kegiatan ekonominya yaitu untuk memenuhi kebutuhan sesama.

Sistem Ekonomi Pasar (Liberal/Bebas)

            Sistem ekonomi pasar adalah suatu sistem ekonomi dimana seluruh kegiatan ekonomi mulai dari produksi, distribusi dan konsumsi diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme pasar. Sistem ini sesuai dengan ajaran dari Adam Smith, dalam bukunya An Inquiry Into the Nature and Causes of the Wealth of Nations.

Sistem Ekonomi Komando (Terpusat)

            Sistem ekonomi komando adalah sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat dominan dan berpengaruh dalam mengendalikan perekonomian. Pada sistem ini pemerintah menentukan barang dan jasa apa yang akan diproduksi, dengan cara atau metode bagaimana barang tersebut diproduksi, serta untuk siapa barang tersebut diproduksi.

Sistem Ekonomi Campuran

            Sistem ekonomi campuran merupakan dari sistem ekonomi pasar dan terpusat, sehingga kelemahan-kelemahan yang ada pada kedua sistem tersebut dapat diatasi, dimana pemerintah dan swasta saling berinteraksi dalam memecahkan masalah ekonomi.

            Sistem ekonomi diIndonesia dikenal sebagai Demokrasi Ekonomi adalah Sistem Ekonomi  yang dijalankan oleh Indonesia. Pada sistem ini, kegiatan produksi dilakukan oleh semua, untuk semua, dan dibawah pimpinan atau kepemilikan oleh anggota-anggota masyarakat. Motivasi kegiatan ekonominya adalah untuk kemakmuran masyarakat dengan memenuhi kebutuhannya dan mengembangkan keselarasan, keserasian serta keseimbangan antara kepentingan individu dan kepentingan masyarakat.

2.      PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Permintaan (demand)

            Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Permintaan berkaitan dengan keinginan konsumen akan suatu barang dan jasa yang ingin dipenuhi. Dan kecenderungan permintaan konsumen akan barang dan jasa tak terbatas.

Penawaran (supplay)

            Penawaran (supplay) adalah banyaknya barang atau jasa yang tersedia dan dapet ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode tertentu.
Penawaran dipengaruhi oleh beberapa faktor. Antara lain harga barang, tingkat teknologi, jumlah produsen di pasar, harga bahan baku, serta harapan, spekulasi, atau perkiraan.

Di antara faktor-faktor di atas, harga barang dianggap sebagai faktor terpenting dan sering dijadikan acuan untuk melakukan analisis penawaran. Harga berbanding lurus dengan jumlah penawaran. Jika harga tinggi, maka produsen akan berlomba-lomba menjajakan barangnya sehingga penawaran meningkat. Sementara itu, jika harga turun, maka produsen akan menunda penjualan atau menyimpan produknya di gudang sehingga jumlah penawaran akan berkurang.

3.      HUKUM PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Hukum Permintaan

             Hukum permintaan adalah hukum yang menjelaskan tentang adanya hubungan yang bersifat negatif antara tingkat harga dengan jumlah barang yang diminta. Apabila harga naik jumlah barang yang diminta sedikit dan apabila harga rendah jumlah barang yang diminta meningkat. Dengan demikian hukum permintaan berbunyi:

“Semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia diminta.”

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Tingkat Permintaan (Demand)

ü  Harga barang itu sendiri
ü  Harga barang substitusi (pengganti)
ü  Harga barang komplementer (pelengkap)
ü  Jumlah Pendapatan
ü  Selera konsumen
ü  Intensitas kebutuhan konsumen
ü  Perkiraan harga di masa depan
ü  Jumlah penduduk

Hukum Penawaran

            Bahwa semakin tinggi harga, jumlah barang yang ditawarkan semakin banyak. Sebaliknya semakin rendah harga barang, jumlah barang yang ditawarkan semakin sedikit. Inilah yang disebut hukum penawaran. Hukum penawaran menunjukkan keterkaitan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga. Dengan demikian bunyi hukum penawaran berbunyi:

Semakin tinggi harga, semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditawarkan.”

Hukum penawaran akan berlaku apabila faktor-faktor lain yang memengaruhi penawaran tidak berubah (ceteris paribus).

Faktor-faktor yang Memengaruhi Penawaran

ü  Harga barang itu sendiri
ü  Harga barang pengganti
ü  Biaya produksi
ü  Kemajuan teknologi
ü  Pajak
ü  Perkiraan harga di masa depan




Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_perekonomian
http://id.wikipedia.org/wiki/ Penawaran
http://id.wikipedia.org/wiki/ Permintaan

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf karena comment yang masuk tidak dapat langsung ditampilkan, karena harus melalui comment moderation terlebih dahulu oleh saya, comment yang layak untuk ditampilkan akan saya tampilkan.. terima kasih..