Sabtu, 26 November 2011

pemimpin diktator

Hosni Mubarak

            Lahir pada tanggal 4 mei 1928 di Mesir, ia bergabung dengan Akademi Militer Mesir, lalu dilanjutkan dengan bergabung dengan Akademi Angkatan Udara, pada tahun 1981 Mohammad Hosni Mubarak dilantik sebagai Presiden Mesir menggantikan Presiden Anwar Sadat yang meninggal akibat penembakan.

            Pada era kepemimpinannya, Hosni Mubarak fokus kepada pertumbuhan ekonomi Negara Mesir dan beralih ke arah reformasi politik, Ia dikenal karena posisinya yang netral dalam Konflik Israel dan Palestina  dan sering menjadi negosiator antar kedua belah pihak.

            Ia selalu memenangkan pemilu selama 5 kali berturut-turut sehingga masyarakat Mesir mulai menganggap Hosni Mubarak sebagai diktator yang haus akan kekuasaan, Sama seperti yang sudah-sudah dimana Kepala Negara yang berkuasa lama pasti menginginkan menjadi nomor 1 di negaranya dan dapat dipastikan memiliki sifat hidup yang kurang baik seperti mempunyai kepentingan-kepentingan pribadi yang lebih tinggi daripada kepentingan rakyatnya sendiri.

            Dalam kepemimpinannya yang sudah lama, korupsi di pemerintahannya semakin menjadi-jadi, kesenjangan sosial membuat rakyat murka dan mengadakan demonstrasi besar-besaran menuntut Presiden Hosni Mubarak untuk mundur/ turun dari kursi pemerintahannya saat ini, lalu pada tanggal 12 Februari 2011 ia turun dari jabatannya sebagai Presiden Mesir.

Nasib tragis yang dialami Hosni Mubarak mengajarkan kepada kita betapa kekuasaan itu hanyalah sebuah amanah. Ketika kekuasaan itu datang kepada kita, amanah itu harus dijalankan sebaik-baiknya. Jangan kemudian kekuasaan itu membuat kita lupa diri.

Kekuasaan sepenuhnya harus ditujukan untuk pengabdian kepada rakyat. Kehormatan yang diberikan rakyat merupakan penghargaan yang paling tinggi dan tidak bisa dinilai dengan apa pun.


0 komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf karena comment yang masuk tidak dapat langsung ditampilkan, karena harus melalui comment moderation terlebih dahulu oleh saya, comment yang layak untuk ditampilkan akan saya tampilkan.. terima kasih..