Minggu, 27 Februari 2011

Pengaruh Agama Terhadap Perkembangan Kebudayaan





Tugas IBD 2


Syahsoza puji
16110776
1ka24


Pengaruh Agama Terhadap Perkembangan Kebudayaan

Seiring dengan kemajuan teknologi hubungan kebudayaan sangatlah tinggi. Selain kemajuan teknologi dan informasi juga di pengaruhi oleh faktor agama.

Afrika
            Afrika utara lebuh bannyak terpengaruh oleh kebudayaan Arab dan Islam.
Asia
Asia memiliki kebudayaan yang berragam, meskipun begitu beberapa dari kebudayaan tersebut memiliki pengaruh yang menonjol terhadap kebudayaan lain, seperti misalnya pengaruh budaya korea dan jepang. Dalam bidang agama, agama budha bannyak mempengaruhi kebudayaan di Asia Timur. Selain itu norma dan nilai agama Islam juga turut menpengaruhi kebudayaan terutama di Asia Selatan.
Timur Tengah dan Afrika Utara
Kebudayaan didaerah Timur Tengah dan Afrika Utara saat ini kebanyakan sangat dipengaruhi oleh nilai dan norma agama Islam, meskipun tidak hanya agama Islam yang berkembang di daerah ini.

Agama dan Kebudayaan itu adalah dua hal yang sangat berbeda. Agama bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa, sedangkan kebudayaan peraturan dari manusia. Jika  kata agama dan kebudayaan digabung , akan melahirkan agama kebudayaan dan kebudayaan agama. Keduanya sangat berbeda.
Kebudayaan dan Agama keduannya adalah suatu tata cara hidup sekelompok manusia yang menghasilkan kebiasaan, kepercayaan, keyakinan, mental, ahklak, pedoman-pedoman, kejiwaan, ikatan, adat, kekuatan spitittual dan sebagainnya.
Awalnya persebaran Islam di Indonesia dilakukan bukan hanya oleh satu bangsa saja, melainkan oleh berbagai bangsa yang berdagang di Indonesia: orang Arab sendiri, Persia, Moor, India, bahkan Cina.
Campuran antara 2 masyarakat yang berlainan kebudayaan menimbulkan pengaru terhadap kebudayaan yang telah ada dan lahirlah kebudayaan baru. Perubahan ini akan terjadi terus-menerus dari masa-kemasa.
Factor yang mempengaruhi kebudayaan:
  • Perkembangan teknologi
  • Perubahan cara hidup
  • Pengaruh lingkungan
  • Pengaruh materi
  • Kesenian
  • Pendidikan
  • Persaingan antar bangsa
  • Kepadatan penduduk
  • Pengaruh alam dan msh banyak lagi.

Disamping factor-faktor diatas ada pula factor yang mempunyai pengaruh luar biasa yaitu: Agama
Pengaruh itu timbale balik bukan 1 arah
  • Mempengaruhi kebudayaan kelompok/ masyarakat/ suku/ bangsa
  • Kebudayaan cenderung merobah-robah keaslian agama sehingga menghasilkan penafsiran lain.

Dengan demikian timbul perbedaan-perbedaan pengertian dan bisa melahirkan sekte-sekte baru pada
suatu agama. Seperti contoh perubahan jaman yang membuat ciri kenudayaan kita yang semakain berkurang, masyarakat Indonesia memiliki budaya timur yang menjunjung tinggi nilai-nilai social dan sopan dalam berpakaian, namun akibat perubahan jaman ciri kebudayan kita semakin berkurang, faktor-faktor  tersebut diantaranya, pakaian, film, kebiasaan, dll. Warga Indonesia gampang terpengaruh terhadap kebudayaan lain, seperti misalnya pengaruh budaya korea dan jepang. Gaya berpakaiannya pun di tiru padahal Indonesia adalah Negara yang mayoritas Islam apakah pantas meniru berpaikaian seperti Negara lain.
 Sebaiknya kita harus menjungjung tinggi kebudayaan kita sendiri, janagn gampang terpengaruh dengan kebudayaan orang lain. Pada dasarnya agama berpengaruh terhadap kebudayaan di tiap Negara. Islam datang dengan segala aturan yang diberikan oleh Allah SWT maka patuhilah aturan-aturan-NYA karena semuanya telah tercatat dalam Al-quran. Begitu juga dengan Agama lainnya.



0 komentar:

Poskan Komentar

Mohon maaf karena comment yang masuk tidak dapat langsung ditampilkan, karena harus melalui comment moderation terlebih dahulu oleh saya, comment yang layak untuk ditampilkan akan saya tampilkan.. terima kasih..