Minggu, 20 Maret 2011

keindahan seni lukis



Tugas IBD 5


Syahsoza puji
16110776
1ka24

Keindahan Seni Lukis
           
           
            Kata keindahan juga dapat diartikan cantik, elok, permai, molek dan sebagainya. Keindahan itu pada dasarnya adalah alamiah. Alam ciptaan Tuhan. Ini berarti bahwa keindahan itu ciptaan Tuhan. Alamiah artinya wajar, tidak berlebihan tidak pula kurang. Seperti yang di bahas dalam matakuliah ilmu budaya dasar pada bab ke V tentang manusia dan keindahan. Di bab tersebut di jelaskan Keindahan yang seluas-luasnya meliputi :
  • Keindahan seni
Keindahan yang di timbulkan dari hasil karya seni seorang seniman dan dapat di nikmati oleh pengamatnya.
  • Keindahan alam
Keindahan yang diciptakan oleh sang pencipta alam yaitu Allah SWT keindahan yang ada di alam sekitar kita.
  • Keindahan moral
keindahan yang tercipta dari tingkah laku dan perilaku kita sehari-hari.
  • Keindahan intelektual
keindahan intelektual adalah pemikiran yang indah berdasarkan ilmu pengetahuan.

            Keindahan seni lukis di golongkan ke dalam keindahan yag dapat di lihat oleh mata.
Keindahan merupakan suatu rasa senang seorang yang sedang melihat suatu yang indah. Seni lukis adalah salah satu cabang dari karya seni. Karya seni adalah untuk dinikmati.. Seni itu indah. Manusia pada umumnya senang pada sesuatu yang indah. Sering kali keindahan yang di ciptakan oleh Allah swt di tuangkan ke dalam seni lukis oleh seorang seniman yang mencerminkan keindahan, seperti melukis pemandangan alam, manusia, dll.

            Tidak semua orang bisa melihat sisi indah lukisan , ada yang peka terhadap keindahan dari lukisan dengan sekali melihat  tapi ada juga yang tidak bisa melihat keindahan seni lukis. Tergantung imajinasi yang mereka punya, tetapi pada dasarnya hasil karya seseorang yang menghasilkan seni kary didalamnya pasti mengandung unsur keindahan.



seperti contoh lukisan di atas keindahan itu melalui 4 proses, yakni:

  • Ada obyek yang dapat dinikmati oleh subyek.
  • Panca indera merupakan penangkapan gambaran obyek, ini tidak hanya dilakukan oleh mata akan tetapi bisa dilakukan semua indera.
  •  Kemudian gambaran tersebut diproses dalam pikiran manusia.
  •  Jadilah rasa suka dan munculah keindahan.

 Maka dari itu nikmatilah hasil karya dengan jiwa agar karya seni yang di hasilkan tidak hanya sekedar jadi pajangan / penghias saja,  tapi juga mampu menjadi pengasah kepekaan kita kepada keindahan yang telah di ciptakan oleh Allah SWT.

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf karena comment yang masuk tidak dapat langsung ditampilkan, karena harus melalui comment moderation terlebih dahulu oleh saya, comment yang layak untuk ditampilkan akan saya tampilkan.. terima kasih..